Minggu, 17 Juni 2012

MASS TRANSPORTATION (review tema tugas besar TEKOM)

        Jika membahas masalah transportasi massal, tak dipungkiri maka akan terkait dengan permasalahan kemacetan. Jika kita bayangkan orang- orang yang bekerja setiap hari menggunakan transportasi pribadi seperti motor harus menempuh kantornya lebih dari satu jam, kita bisa bayangkan bagaimana produktivitas orang tersebut akan menurun, dari mulai kesehatan, akan polusi udara di jalan sampai dengan pekerjaan yang kadang terkendala kemacetan.





           Dahulu transportasi massal yang sangat populer digunakan ketika jaman Belanda adalah tramway, namun lambat laun angkutan umum tersebut hilang termakan jaman, setelah ditelusuri ini diakibatkan karena peraturan atau kebijakan pemerintah yang mempengaruhi pengoperasian tramway secara umum. Sekarang penggunaan sarana transportasi benar - benar dibutuhkan, terutama di kota besar, ini guna menunjang mobilitas penduduk yang kian padat, bahkan di Jakarta kenaikan per tahun jumlah kendaraan pribadi mencapai 10% ini tidak sejalan dengan luas jalan / infrastruktur yang menunjang yang hanya mencakup 3-4% saja, inilah yang menyebabkan kemacetan di kota - kota besar, seperti halnya Jakarta.
          Perlu kesadaran dari masing - masing individu sebenarnya untuk mengatasi masalah seperti ini, penggunaan transportasi massal dirasa sangat cocok dengan keadaan kota kita pada saat ini guna menunjang kegiatan kita setiap hari yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain, peran pemerintah sangat penting disini, dari mulai penyediaan alat transportasi massal yang nyaman, aman serta jumlah nya yang harus memadai, serta kondisi sarana, prasarana, serta infrastruktur yang mendukung sarana transportasi tersebut. Terkait itu semua, dibutuhkan juga peraturan atau kebijakan yang kuat dan secara penuh mendukung langkah penggunaan transportasi massal seperti ini.







Get The Solus, Build The Locus 
Isnu Putra Pratama :)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 LocuSoluS. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Blogger Showcase