Minggu, 01 April 2012

Planologi itu.....

     Planologi atau dikenal juga dengan jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) adalah jurusan teknik yang berkaitan dengan PERENCANAAN. dalam arti sempit, perencanaan di sini berarti perencanaan dalam pembangunan kota meliputi pembangunan perumahan, kompleks komersial, sungai, jalan tol, dll. Tapi dalam arti luas, perencanaan bisa berarti perencanaan ekonomi, perencanaan bisnis, perencanaan proyek , dll.
 
     Dalam proses pendidikannya nanti ketika teman-teman menjadi mahasiswa PWK, teman-teman akan mendapatkan mata kuliah yang berasal dari bidang studi lain seperti geologi lingkungan, perpetaan, dll. Selain mata kuliah keteknikan, teman-teman juga akan mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan ilmu sosial, ekonomi dan ilmu politik seperti pada kuliah Aspek Sosial dalam Perencanaan, Kependudukan, Pengantar Ekonomika Perencanaan, Ekonomika Wilayah dan Kota, Pembiayaan Pembangunan, dan Ekonomika Transportasi, Pengembangan Komunitas, serta Perencanaan dan Politik, dll.
     
     Terdapat fakta menarik yang sudah sangat terkenal  dimanapun lulusan PWK bekerja, ia akan tetap mempunyai ciri khas yaitu cara berpikirnya yang runtut dan sitematis. Karena ketika teman-teman belajar di PWK,teman-teman tidak hanya belajar perencanaan wilayah dan kota saja tetapi belajar keseluruhan proses yang ada, atau biasa disebut orang sebagai POAC: Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling. Setelah membuat rencana, harus ada proses yang dijalankan agar hasil rencana tersebut tetap baik dan berada pada rel yang benar. Oleh karena itu, rencana perlu diimplementasikan (dilaksanakan), kemudian dikelola, dan dikendalikan. Membuat sebuah rencana juga harus memperhatikan kondisi-kondisi masa lalu dan sekarang, atau dalam istilah kerennya: ”Learning The Past, Managing The Present, Shaping The Future”.
Locus Solus
Lambang PLANOLOGI
PLANOLOGI ………………………….    JAYA !!!!!!!!!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 LocuSoluS. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Blogger Showcase